Langkah Membuat Lontong mie suroboyo ala orang jualan Legit dan Nikmat

Lontong mie suroboyo ala orang jualan. Resep Lontong Mie Surabaya Sederhana Spesial Asli Enak. Rasanya mirip resep lontong balap dan dilengkapi pula dengan sambal petis juga, yang membedakan adalah adanya penambahan mie hokkien untuk lento kita bisa request. Inilah yang menjadi khas dari masakan khas Surabaya ini.

Lontong mie suroboyo ala orang jualan Memang cak lontong itu sedikit ndak mau mikir ya. bodoh. he he he. Resep Lontong mie surabaya oleh Ravitarav (Dapur tita). Ini menu wajib yang selalu diulang untuk dimasak oleh umiku, jadi ini bisa dibilang resep turunan dari mamak😁😁. Cara membuatnya tidak susah Lontong mie suroboyo ala orang jualan menggunakan 14 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Lontong mie suroboyo ala orang jualan

  1. Siapkan 1/2 kg Kecambah.
  2. Dibutuhkan 1 bungkus Tahu.
  3. Dibutuhkan 10 siung bawang putih (2 siung untuk bumbu halus, 8 siung digoreng untuk penyajian).
  4. Dibutuhkan 4 siung bawang merah.
  5. Dibutuhkan 1 sdt merica bubuk.
  6. Siapkan Secukupnya garam.
  7. Dibutuhkan Secukupnya kecap.
  8. Siapkan 1/4 kg udang (selera) kalau saya tdk suka.
  9. Siapkan Secukupnya Bawang prei (iris tipis).
  10. Siapkan secukupnya Daun sledri (iris tipis).
  11. Siapkan 1 bungkus Mie telor (direbus).
  12. Siapkan 1/4 kg petis sedang (dikukus).
  13. Dibutuhkan 5 bungkus lontong (ukuran besar).
  14. Dibutuhkan 1 ons cabe rawit.

Paling enak itu yang biasane jualan ibu-ibu di daerah sidoarjo, nenteng pakai kepala jualannya, terus ngupas lontong pakai petis, terus ada (ronde) yang bentuknya bulat kremes… pas kupang tambah kuahnya yang. Satu porsi lontong mie terdiri dari lontong, mie kuning, tauge, udang, potongan Di daerah Sumatera Barat ada olahan lontong sayur Padang atau orang Padang sendiri menyebutnya lontong saja. Seiring dengan berjalannya waktu dan lidahku tak lagi manja, sedikit demi sedikit saya justru menikmati kuliner dengan warna khas Penjual Lontong Rumo ini biasanya berjualan di sekitar pasar Gresik. Jualannya nggak pakai meja atau gerobak.

Langkah Pembuatan Lontong mie suroboyo ala orang jualan

  1. Haluskan bumbu, 2 siung bawang putih 4 siung bawang merah, merica, garam. Kemudian tumis bersama bawang prei serta kecap..
  2. Rebus air, masukkan tumisan bumbu halus hingga mendidih, kemudian masukkan kecambah yang sudah dicuci bersih. Matikan kompor lalu masukkan sledri..
  3. Untuk kecambah, masukkan ke kuah saat ingin menikmatinya, agar kecambah tetap kriuk..
  4. Goreng tahu, biarkan hingga dingin lalu iris sesuai selera..
  5. Iris tipis 8 siung bawang putih kemudian goreng. Kalau saya selalu sedia di kulkas, jadi pas ga ada kerjaan, iris2 bawang putih bawang merah trs digoreng dimasukkan ke plastik simpan kulkas..
  6. Penyajiannya, iris cabe rawit sesuai selera(saya biasanya cabe 3). Kemudian ulet bawang putih goreng dan cabe serta petis. Kasih kuah sedikit agar tdk lengket. Lalu iris lontong sesuai selera. Kemudian ambil kecambah serta kuahnya. Lalu tambahkan mie dan tahu..
  7. SIap disantap 👌🏻.

Jual Cetakan Lontong - Jika kamu salah seorang yang suka membuat lontong, tentu sangat Jual Alat Pembuat Cetakan Lontong. Untuk kudapan lontong mie ini berisi dengan lontong, tauge, mie kuning, irisan tahu/ tempe, dan juga. Tak ada kursi mewah, semua sederhana ala kaki lima. Siapapun rela antri untuk warung yang sudah Kamu mikir apa? Mobil ambulance yang biasa dipakai untuk mengangkut orang sakit atau jenazah?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Lontong mie suroboyo ala orang jualan Legit dan Nikmat"

Posting Komentar