Langkah Memasak Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon) Yang Gurih

Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon). Kangkung dan toge plus tempe campur sambel. enak pas cuaca dingin di tambah kerupuk. Pertama kali nyobain bumbu rujak kangkung Kuningan (Cibingbin) yang terkenal banget dibawain sama Om ajudan yang waktu itu pulang kampung. Trnyataaa enak jugaaaaa, bejerr sambel terasi🤤🤤 Rujak kgkung dadakan cirebon.

Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon) Rujak Kangkung Dadakan Khas Kuningan Cirebon. Wah, mereka yang suka dengan masakan olahan dari bahan sayuran bisa mencoba salah satu dari makanan khas dari Cirebon ini. Meskipun terlihat mirip dengan plecing kangkung, namun Rujak Kangkung dari Cirebon ini berbeda. Cara membuatnya tidak sulit Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon) menggunakan 10 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon)

  1. Siapkan 2 ikat kangkung.
  2. Siapkan secukupnya Toge.
  3. Dibutuhkan Bahan sambal:.
  4. Dibutuhkan Cabe rawit ijo.
  5. Siapkan Gula merah.
  6. Siapkan Asem jawa.
  7. Siapkan Terasi.
  8. Siapkan Garam.
  9. Siapkan Gula pasir.
  10. Dibutuhkan secukupnya Air putih matang.

Makanan khas Cirebon yang satu ini memang sangat lekat dengan kota asalnya. Sebab, pembuatannya sangat unik yakni menggunakan kuali dari tanah liat. Rujak Kangkung dibuat menggunakan kangkung rebus yang disiram dengan bumbu rujak. More ideas from Rujak Kangkung Pedas Kuningan.

Langkah Pembuatan Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon)

  1. Bahan sambal, siapkan cabe rawit yg sudah di cuci, saya pake 2 genggang rawit ijo (bisa di sesuaikan masing2 ya) Rebus cabe sampe matang, biar lebih mudah jg di ulek nya. Bakar terasi, disini saya pakai terasi abc 2..
  2. Setelah cabe matang, kita lanjut bikin sambalnya ya. Siapkan ulekan, masukan cabe yg sudah di rebus, terasi bakar, gula merah, asem jawa & garam, ulek sampai halus..
  3. Setelah jadi kita taro sambalnya di wadah, tambahkan air secukupnya, jangan terlalu encer/kental. Cek rasa, karena jika sudah di tambah air/seduh bisanya rasa asin nya berkurang. Tambahkan lg sedikit garam & gula pasir secukupnya. Cek rasa lg, apabila sudah pas siap kita campur dg kangkung nya..
  4. Lanjut didihkan air lalu rebus kangkung yg sudah di petikin sebelum nya, angkat dan tiriskan. Rebus jg toge nya, cukup sebentar saja, tiriskan..
  5. Lalu kita tata di piring, pertama kangkung lalu toge di atas nya dan siram dg sambal terasinya. Taraaaa selamat mencoba, maaf kalau ada kata2 yg aga belibet🤭🙏.
  6. Siap di santap dg nasi putih, jangan lupa bakwan sayurnya🤗.

Memperkenalkan makanan khas Kuningan yang sudah terkenal bagi masyarakat Kabupaten Kuningan Kota Cirebon Jawa Barat , masakan ini disajikan dengan sambal yang pedas ! cocok untuk tempat wisata dengan suasana yang dingin ! dan. Rujak kangkung atau yang juga dikenal sebagai petis kangkung merupakan makanan khas Kuningan. Sambel asem adalah salah satu makanan khas cirebon yg berbahan dasar kangkung dan sambal yg bercitarasa sangat pedas. Selain terkenal dengan kuliner Kudapan bernama Rujak Kangkung ini memang tersohor sebagai kuliner khas yang berbeda dari rujak Terakhir rujak khas Jawa Barat adalah Rujak Bebeg. Rujak kangkung menggunakan bahan utama kangkung yang sudah direbus, setelah itu disiram dengan bumbu rujak yang dibalut terasi khas Cirebon.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Rujak kangkung (khas Ciledug-Cirebon) Yang Gurih"

Posting Komentar