Cara Membuat Sop Ubi Makassar Untuk Pemula

Sop Ubi Makassar. Masakan rumahan khas Makassar ini rasanya lezat dan gurih, lho. Uniknya sop ini disantap bersama ubi, bukan nasi. Bisa jadi ide masakan bagi anda yang sedang kurangi konsumsi nasi.

Sop Ubi Makassar Sop ubi lebih dikenal dengan sebutan sop ubi lorong karena lokasinya berada di lorong (red: gang) kecil di pusat Kota Makassar. Ubi di sini bukan ubi jalan melainkan singkong. hidangan sup ini adalah sup bening yang berisi rebusan daging dan dimasak hingga matang, hidangan ini adalah ciri khas makanan dari Makassar. Bumbu nya yang dipakai sedikit dan bikin nya simple. sajikan. Cara membuatnya tidak susah Sop Ubi Makassar menggunakan 28 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sop Ubi Makassar

  1. Siapkan Bahan :.
  2. Siapkan 1 buah ubi singkong.
  3. Dibutuhkan 250 gr daging sapi, rebus dan potong dagingnya,.
  4. Siapkan Air kaldu sapi.
  5. Siapkan Bumbu halus :.
  6. Siapkan 5 siung bawang merah.
  7. Siapkan 3 siung bawang putih.
  8. Dibutuhkan 2 butir kemiri.
  9. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  10. Dibutuhkan 1 sdt jinten.
  11. Siapkan 1 sdt merica bubuk.
  12. Siapkan Tambahan :.
  13. Siapkan secukupnya Garam himalaya.
  14. Dibutuhkan secukupnya Kaldu jamur totole.
  15. Dibutuhkan secukupnya Air.
  16. Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  17. Siapkan Pelengkap :.
  18. Siapkan Tauge rebus.
  19. Siapkan Telur rebus, potong jadi 2.
  20. Siapkan Bawang goreng.
  21. Siapkan Bihun rebus dan tiriskan.
  22. Dibutuhkan Kacang tanah goreng.
  23. Dibutuhkan iris Daun bawang dan seledri.
  24. Dibutuhkan Jeruk nipis.
  25. Dibutuhkan Sambal :.
  26. Siapkan 12 cabe rawit, 1 cabe merah besar.
  27. Siapkan 2 siung bawang putih.
  28. Dibutuhkan secukupnya Garam dan kaldu jamur.

Lihat juga resep Sop Ubi singkong Makassar ala Mama Asi / ylovea enak lainnya! Resep Sup Ubi Khas Makassar yang Sedap. Sup ubi adalah salah satu kuliner khas Makassar, cuma sayang sekali sup ubi ini kalah populer dengan coto, konro dan pisang ijo. Makanan sup ubi ini berbentuk sop dengan kuah kuning mirip soto terbuat dari kaldu ayam dan rempah-rempah yang memang mirip soto.

Langkah Pembuatan Sop Ubi Makassar

  1. Siapkan bahannya. Lalu kupas kulit ubi dan potong2 sesuai selera.rebus daging sapi lalu potong2 dagingnya, air kaldu dipakai dan tidak dibuang.siapkan bumbunya, lalu diblender hingga halus.
  2. Goreng ubi hingga matang, saya goreng dengan 2 tahap supaya empuk, tahap 1 goreng setengah matang, lalu rendam air, nanti digoreng lagi menunggu sisa singkong tahap 1 selesai digoreng semua, baru lanjut tahap 2 digoreng lagi singkong yang sudah direndam air, dijamin singkongnya empuk banget. Goreng kacang tanah hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Rebus bihun dan tauge selama 3 menit, matikan api dan rendam sebentar, lalu saring dan tiriskan. Rebus telur sampai matang lalu kupas kulitnya dan belah jadi 2. Iris daun bawang dan seledri, Potong jeruk nipis sesuai selera, sisihkan. Untuk sambalnya, goreng cabe dan bawang putih, setelah itu haluskan, lalu tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya, koreksi rasa.
  4. Untuk kuahnya :Tumis bumbu halus, lalu masukkan air kaldu dan daging yang sudah dipotong, tambahkan air jika kaldunya masih kurang, aduk rata dan tunggu hingga mendidih, matikan api.lalu tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya, koreksi rasa.
  5. Cara penyajiannya: masukkan singkong goreng, tambahkan tauge dan bihun, lalu tuang kuah dan dagingnya, tambahkan kacang goreng, bawang goreng, daun bawang, sambal dan telur rebus, kasih perasan air jeruk nipis. Sop ubi siap disajikan, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Gak ada yang jual yuk coba buat sendiri. evi. SOP UBI' Khas MAKASSAR jadi bukan hanya SOP Konro', Coto, Pallu Basa, tapi Makassar Juga Punya Masakan Khas yang namanya SOP UBI. Kanre Santan Berkunjung ke Parepare , maka tak lengkaplah rasanya bila tidak menikmati kanre santan atau biasa disngkat dengan kanse. Cara Membuat Sop Ubi Khas Makassar Sup Ubi adalah salah satu jenis makanan yang sangat terkenal dimakassar. Sup ubi ini terdiri dari singkong goreng, daging, tauge, koldan laksa. yang dilengkapi dengan irisan telur rebus dan kacang goreng yang membuat kita ingin mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Sop Ubi Makassar Untuk Pemula"

Posting Komentar