Langkah Memasak Sate Ampela dan Usus Untuk Pemula

Sate Ampela dan Usus. Lihat juga resep Sate Usus dan Ati Ampela Ayam enak lainnya. Tanpa nama dan jauh banget, TAPI enaknya luar biasa! Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Sate Ampela dan Usus Sate baru ini berisikan hati, telur ayam muda, dan usus, kulit, atau ampela di ujungnya. Sate Ampela dan Usus (c) Billy Ramdani/Travelingyuk. Untuk memperkuat cita rasa bubur, Teman Traveler bisa tambahkan lauk sate ampela dan usus. Cara membuatnya cukup mudah Sate Ampela dan Usus menggunakan 19 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sate Ampela dan Usus

  1. Siapkan Bahan Utama.
  2. Dibutuhkan 1/4 Ampela.
  3. Dibutuhkan 1/4 Usus.
  4. Dibutuhkan Bumbu-Bumbu.
  5. Siapkan 20 Bawang merah, punya saya kecil-kecil.
  6. Dibutuhkan 8 Bawang putih.
  7. Dibutuhkan 2 cm Jahe.
  8. Siapkan 3 cm Kunyit.
  9. Dibutuhkan 1 batang sereh geprek.
  10. Dibutuhkan 2 cm Lengkoas geprek.
  11. Dibutuhkan 3 lembar daun salam.
  12. Dibutuhkan 3 lembar daun jeruk.
  13. Siapkan 5 Sendok Makan Kecap.
  14. Siapkan Gula secukup nya.
  15. Siapkan Garam secukup nya.
  16. Dibutuhkan Minyak goreng untuk tumis.
  17. Dibutuhkan 1 Sendok Teh Kaldu jamur.
  18. Siapkan 1 Sendok Teh Lada bubuk.
  19. Dibutuhkan 1 Sendok Teh Ketumbar bubuk.

Selain wisata budaya dan alam, Solo merupakan pusat kuliner khas. Di setiap sudut kota, ada banyak penjaja kudapan hingga makanan tradisional. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai lauk dan kudapan, seperti nasi kucing, nasi teri, sate usus, tempe bacem, sate telur puyuh, hati dan ampela. Ati ampela campur usus bumbu merah telah selesai dibuat.

Cara Pembuatan Sate Ampela dan Usus

  1. Cuci bersih ampela dan usus, lalu potong ampela menjadi dadu dan usus di biarkan saja begitu. Kemudian di tusuk-tusuk pakai tusuk sate, untuk usus karena tidak di potong jadi saya masukin ke tusuk sate nya kaya lagi ngejait. Dan lebih mudah juga.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Saya pakai blender.
  3. Kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan tambahkan kaldu jamur, gula, garam, lada bubuk, dan ketumbar bubuk. Aduk rata, tambahkan salam, daun jeruk, dan sereh lengkoas yang sudah di geprek.
  4. Kalau bumbu sudah kecoklatan masukan usus dan ampela nya yang sudah di tusuk tadi, biar kan meresap. Gunakan api kecil saja, karena butuh waktu cukup lama. Dengan kondisi sate yang banyak dan sudah di tusuk-tusuk. Jadi wajan agak penuh, harus di aduk sesekali agar meresap dan matang rata.
  5. Kalau sudah meresap dan matang, di bagian wajan biasanya ada bumbu-bumbu yang sisa. Kalau saya ga di buang bun, saya simpan di mangkok untuk nanti di olesin kalau mau di bakar..
  6. Untuk sate nya saya simpan di box, jadi kalau mau makan ambil secukup nya. Olesin sisa bumbu yang tadi saya jelasin, dan bakar pakai grill atau happy call. Kalau ga ada ke api kompor gas langsung juga gapapa. Asal jangan terlalu besar dan hati-hati ya..
  7. Kalau sudah di bakar begini hasil nya bun, selamat mencoba.

Rasanya yang gurih dan nikmat sangat cocok dijadikan teman santap bersama keluarga. Jika anda pecinta pedas, anda bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera. Selain itu, untuk mendapatkan sajian yang nikmat anda harus mencuci. Seperti sate ponorogo, bumbu kacang, sate madura, padang dan banyak lainnya. Bahkan saat ini ada jenis makanan baru yang lagi populer, yaitu sate taichan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Sate Ampela dan Usus Untuk Pemula"

Posting Komentar